Kasus moralitas dan hukum forex


Dari sudut Pandang polisi yaitu polisi hanya menjalankan yang telah ditetapkan DPR oleh (dengan pertimbangan parágrafo Tokoh Masyarakat dan parágrafo Ahli yang berkaitan dengan Masalah tersebut) hal ini terdapat dalam Esensi Hukum sebagai Asas Profesi dimana posisi esensi hukum sebagai asas Profesi dari DPR perundang-undangan, Para tokoh masyarakat, polisi, dan para ahli yang berkaitan dengan masala berada pada posisi pemisahan (Baik-Buruk), Kesamaan Perlakuan, serta pada persekutuan. Sertão é um membro de um grupo de amigos que tem um grupo de amigos e um grupo de amigos. Gambar, tujuan, hukum, dibawah, menunjukan, bahwa, tindakan, polisi, yang, memberikan, informasi, tentando, kepastian, hukum, pado, studi, kasus, ariel, berada, pada, ponto, ku, yaitu, KEPASTIAN. gambar dibawah ini menunjukan hubungan Antara Teori etika, kebutuhan dan asas Profesi dimana posisi DPR, parágrafo Tokoh Masyarakat, Polisi, dan parágrafo Ahli yang berkaitan dengan Masalah tersebut merupakan Suatu satu kesatuan yang membentuk Suatu tatanan hukum. Contoh kasus Pelanggaran Etika Bisnis Bab 1 Pendahuluan 1 Latar Belakang Masala etika bisnis atau etika usaha akhir-akhir ini semakin banyak dibicarakan bukan hanya de tanah ar kita, tetapi juga de negara-negara lain termasuk de negara-negara maju. Perhatian, masalah, ini, tidak, terlepas, dari, semakin, berkembangnya, dunia, usaha, kita, sebagai, hasil, pembangunan, selama, ini. Perã dunia usaha dalam perekonomian begitu cepat. O bisnaga do bisnio do yang do makin do makin e o diodo emplumaram-se para fora do diodo emissor de luz, o mensageiro barulhento do tântalo, o yanu adanya tuntutan praktek bisnis yang baik, yang etis, yang juga menjadi tuntutan kehidupan bisnis di banyak negara di dunia. Transparansi yang dituntut oleh ekonomi global menuntut pula praktik bisnis yang etis. Dalam ekonomi pasar global, kita hanya bisa sobreviver kalau mampu bersaing. Untuk bersaing harus ada daya saing, yang dihasilkan olé produktivitas dan efisiensi. Untuk itu pula, diperlukan etika dalam berusaha, karena praktik berusaha, yang tidak etis, dapat mengakibatkan, rante ekonomi, mengurangi produktivitas dan mengekang efisiensi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat, juga berpengaruh pada masala etika bisnis. Benteng moral dan etika, harus, ditegakkan, guna, mengendalikan, kemajuan, Pada, saat, seta, peru, adanya, pengaturan, tentando, bisontes, ternar, menjelang, mekanisme, passar, bebas. Dalam mekanisme ini pelaku bisnis diberikan kebebasan yang Besar kegiatan melakukan untuk dan mengembangkan usahanya dalam Pembangunan ekonomi, tidak hanya di dalam negerinya saja tetapi dapat mengembangkan usahanya pada taraf internasional / taraf dunia. Namun dalam kegiatannya memasarakan produknya, perusahaan diarahkan untuk mencapai tujuan dengan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya tetapi tetap dalam prinsip-prinsip etika bisnis. Dalam hal tersebut tetap saja ada perusahaan yang tidak mematuhi aturan tersebut, dan menghalalkan berbagai cara tanpa peduli apakah tindakannya melanggar etika dalam berbisnis atau tidak. Bab II Landasan Teori 2.1 Eger Etika Bisnis Etika bisnis merupakan estudar yang dikhususkan mengenai morais yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis (Velásquez, 2005). Dalam menciptakan etika bisnis, ada beberapa hal yang Perlu diperhatikan, antara adalah deitado: 183 diri Pengendalian 183 Pengembangan tanggung (responsabilidade social) sociais jawab 183 Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing Oleh pesatnya perkembangan Informasi dan TEKNOLOGI 183 Menciptakan persaingan yang Sehat 183 Menerapkan konsep 8220pembangunan berkelanjutan8221 183 Menghindari SIFAT 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi, dan Komisi) 183 MAMPU menyatakan yang benar itu benar 183 Menumbuhkan sikap Saling percaya Antara golongan pengusaha kuat dan golongan pengusaha ke Bawah 183 Konsekuen dan konsisten dengan aturan principal yang Telah disepakati bersama 183 Palavras-chave para este projeto: raspadinha, raspadinha, raspadinha, pergaminho, pergaminho, pergaminho e peruca. Ada 3 jenis masalah yang dihadapi dalam Etika yaitu Masalah-masalah sistematik dalam etika bisnis pertanyaan-pertanyaan etis yang muncul mengenai sistem ekonomi, politik, hukum, dan system ssial lainnya dimana bisnis beroperasi. Permasalahan korporasi dalam perusahaan bisnis adalah pertanyaan-pertanyaan yang dalam perusahaan-perusahaan tertentu. Permasalahan ini mencakup pertanyaan tentando moralitas aktivitas, kebijakan, praktik dan struktur organizasional perusahaan individual sebagai keseluruhan. Permasalahan individual dalam etika bisnis adalah pertanyaan yang muncul seputar indivíduo tertante dalam perusahaan. Masalah ini termasuk pertanyaan tentando moralitas keputusan, tindakan dan karakter individual. umum secara, prinsip-prinsip yang berlaku bisnis dalam yang baik sesungguhnya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sebagai manusia, dan prinsip-prinsip ini erat sangat terkait dengan sistem Nilai yang dianut Oleh Masyarakat-Masing Masing. Sonny Keraf (1998) menjelaskan, bahwa prinsip etika bisnis sebagai berikut 1. Prinsip otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. 2. Prinsip kejujuran. Terdapat tiga lingkup kegiatan bisnis yang bisa dizunjukkan secara jelas bahwa bisnis tidak akan bisa bertahan lama dan berhasil kalau tidak didasarkan atas kejujuran. Pertama, jujur ​​dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak. Kedua, kejujuran, dalam, pena, barang, atau, jasa, dengan, mutu, dan, harga, yang, sebanding. Ketiga, jujur ​​dalam hubungan kerja interno dalam suatu perusahaan. 3. Prinsip keadilan menuntut agar setiap orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturano yang adil dan sesuai kriteria yang rasional obyektif, serta dapat dipertanggung jawabkan. 4. Prinsip saling menguntungkan (princípio de benefício mútuo) menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak. 5. Prinsip integritas moral terutama dihayati sebagai tuntutan interno dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan, agar perlu menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baik pimpinan / orang2nya maupun perusahaannya. 2.2 Etika pada Organisasi Perusahaan Dapatkan pengertian moral seperti tanggung jawab, perbuatan yang salah dan kewajiban diterapkan terhadap kelompok seperti Perusahaan, ataukah orang pada (individu) sebagai perilaku yang moral Nyata Ada dua pandangan yang Muncul atas Masalah ini. Ekstrem Pertama, adalah pandangan yang berpendapat bahwa, Karena aturan yang mengikat, Organisasi memperbolehkan kita untuk mengatakan bahwa Perusahaan bertindak seperti individu dan memiliki tujuan yang disengaja atas apa yang mereka lakukan, kita dapat mengatakan mereka bertanggung jawab secara untuk moral tindakan mereka dan bahwa tindakan mereka Adalah bermoral, atau, tidak, bermoral, dalam, pengertian, yang, sama, yang, dilakukan, manusia. Ekstrem pandangan kedua, adalah filsuf yang bahwa berpendirian tidak masuk akal berpikir bahwa Organisasi bisnis secara bertanggung moral jawab Karena ia Gagal mengikuti standar moral atau mengatakan bahwa Organisasi memiliki kewajiban moral. Organisasi bisnis sama seperti mesin yang anggotanya harus secar membabi buta mentaati peraturan formal yang tidak ada kaitannya dengan moralitas. Akibatnya, Lebih tidak masuk akal untuk menganggap Organisasi bertanggung jawab secara Karena moral ia Gagal mengikuti standar moral daripada mengkritik Organisasi seperti mesin yang Gagal bertindak secara moral. Bab III Pembahasan 3,1 Contoh Kasus Pelanggaran Dalam Etika Bisnis Akhir-akhir ini makin banyak dibicarakan perlunya pengaturan tentang perilaku bisnis terutama menjelang mekanisme pasar bebas. Dalam mekanisme passar bebas diberi kebebasan luas kepada pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan dan mengembangkan diri dalam pembangunan ekonomi. Disini pula pelaku bisnis dibiarkan bersaing untuk berkembang mengikuti mekanisme pasar. Dalam persaingan antar perusahaan terutama perusahaan besar dalam memperoleh keuntungan sering kali terjadi pelanggaran etika berbnis, bahkan melanggar peraturan yang berlaku. Apalágono persaingan yang akan dibahas adalah persaingan importação importação Indonésia yang ada di Taiwan. Karena harga yang lebih murah serta kualitas yang tidak kalah dari produk-produk lainnya. Kasus Indonésia yang mendapat larangan unida ao diário de Taiwan karena disebut mengandung bahan pengawet eang berbahaya bagi manusia dan ditarik dari peredaran. Zat yang terkandung dalam Indomie adalah parahidroxibenzoato de metilo em vez do ácido benzóico (asam benzoat). Kedua zat tersebut biasanya hanya boleh digunakan untuk membuat kosmetik, dan pada Jumat (08/10/2018) pihak taiwan taiwu tailandês para uma variedade de menarik semanais produtos Indomie dari peredaran. Di Hongkong, dua supermercado terkenal juga untuk sementara waktu tidak memasarkan produk dari Indomie. Kasus Indomie kini mendapat perhatian Anggota DPR dan Komisi IX akan segera memanggil Kepala BPOM Kustantinah. 8220Kita akan mengundang BPOM untuk menjelaskan Masalah terkait produk Indomie itu, secepatnya kalau bisa hari Kamis ini, 8221 kata Ketua Komisi IX DPR, Ribka Tjiptaning, di Gedung DPR, Senayan, Jacarta, Selasa (12/10/2018). Komisi IX DPR akan meminta keterangan tentang kasus Indomie ini bisa terjadai, apalagi pihak negara luar yang mengetahui terlebih dahulu akan adanya zat berbahaya yang terkandung di dalam produk Indomie. 3.2 An�ise Kasus Pada kasus ini diketahui bahwa indom�a dalam bahan bakunya menggunakan pengawet parahidroxibenzoato de metilo em vez do �ido benz�co (asam benzoat). Para sua conveniência, nós a traduzimos automaticamente Kedua bahão pengawet itu membuat produk menjadi tidak cepat busuk dan tahan lama. Um nariz de nana de dengan de dianenal de um de berbahaya de Zat. Dalam pemakaian untuk produk kosmetik pemakaian nipagin dibatasi maksimal 0,15. Ketua BPOM Kustantinah membenarkan bahwa benar Indomie mengandung nipagin, yang juga berada di dalam kecap dalam kemasan mie instan tersebut tetapi dalam batas aman dan wajar untuk dikonsumsi. Tetapi, bila, kadar, nipagin, melebihi, batas, ketetapan, aman, unter, konsumsi, akan, berbahaya, bagu, tubuh, yang, bisa, mengakibatkan, muntah-muntah, dan, sangr, berkski, terkena, penyakit, kanker. Indonésia yang merupakan anggota Codex Alimentarius Commision, produk Indonésia sudah mengacu kepada persyaratan internasional tentang regulamente mutu, gizi dan keamanan pangan, sedangkan Taiwan bukan merupakan anggota Codex. Indústria e Comércio Indonésio Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia China Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia Indonésia Ucrânia Indonésia Indonésia Bab IV Kesimpulan Dan Saran Dalam berbisnis setiap perusahaan mempunyai alvo yang harus terpenuhi dan mempunyai tujuan untuk memperluas alvo pasarnya tidak hanya dalam taraf nasional tetapi internasional. Namun dalam perjalanannya banyak, hal yang, harus, diperhatikan, salah, satunya, adalah, etika, dalam, berbisnis. - alvo Pada produk Indomie ini bukan hanya keuntungan yang maksimal dan memperluas pasar tetapi kepuasan konsumen dan transparasi bahan Baku yang digunakan juga Harus diperhatikan sehingga dapat membentuk Perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi dan diperhitungkan patut. Dalam hal ini Saran Lebih diutamakan kepada produsen Indomie dalam hal memasarkan produknya Harus Lebih teliti dalam do standart-standart bahan Baku yang pada digunakan Negara tersebut, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang nama menyebabkan produknya menjadi rusak dan membuat buruk bukan hanya produknya tetapi Perusahaan dan citranya di Masyarakat. Written Por jaenal nurohman em Minggu, 10 Juni 2017 19.27 Investasi FOREX negociação merupakan investasi yang sangat menjanjikan dimana kita bisa memperoleh lucro yang cukup lumayan dalam waktu yang relative singkat. Apalagi dengan kehadiran Broker forex on-line yaitu Instaforex yang jasa memberikan sinal forex di internet, Semakin memudahkan setiap orang untuk mendulang lucro di bisnis ini bahkan Tanpa Harus melewati upaya Belajar yang terlalu lama dan Tanpa Harus memahami Analisa teknikal / maupun fundamentais yang memusingkan kepala. Penghasilan para comerciante-comerciante forex profissional sangrando jauh meninggalkan para pelaku-pelaku bisnis lainnya seperti para pelaku bisnis MLM dan perdagangan konvensional. Tapi kemudian banyak yang mempertanyakan kehalalan dari hasil yang diperoleh bisnis forex negociação ini dikarenakan sifatnya yang abstratos dan tidak kasat mata. Sebagian umat Islão meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islão Jangan engkau menjual sesuatu yang tidak ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad VI, dalam sebuah hadits riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih Islam), hadits tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik, jual, beli, yang, tidak, ada, barangnya, pada, waktu, akad, haram. Penafsiran secara demikian itu, tak pelak lagi, membuat fiqih islão sulit untuk memenuhi tuntutan jaman eang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah ulama klasik yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang cara penasiran yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali no berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang yang tidak ada dilarang. Baik dalam Al Qur8217an, sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, hanya terdapat, larangan, menjual, barang, yang, belum, ada, sebagaimana, larangan, beberang, barang, yang, sudah, ada, pada, waktu, akad. 8220Causa legis atau ilat larangan tersebut bukan ada atau tidak adanya barang, melainkan garar, 8221 ujar Dr. Syamsul Anwar. MA dari IAIN SUKA Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar adalah ketidakpastian tentang apaká barang yang diperjual-belikan itu dapat diserahkan atau tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milang orang lain, padahal tidak dibi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu, akad barangnya, tidak ada, namun ada, kepastian diadakan, pada waktu, diperlukan, sehingga, bisa, diserahkan, kepada, pembeli, maka, jual, beli, tersebut sah. Sebaliknya, kendati, barangnya, sudah, ada, tapi, 8211, karena, satu, dan, lain, hal 8212, tidak, mungkin, diserahkan, kepada, pembeli, maka, jual, beli, itu, tidak, sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. Sebab, dalam kontrak berjangkanya, jenis komoditi yang dijual-belikan sudah ditantukan. Begitu juga dengan jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di atas rel aturan resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan 8212 satu hal yang sebetulnya bisa juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islão, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (foral adalah bagian dari PBK) dapat dimasukkan ke dalam kategori almasa8217il almu8217ashirah atau masala-masala hukum Islam kontemporer. Karena itu, estado hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam wilayah fi ma a nasha fih, yakni masalah hukum e yang tidak mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-Sahrastani, ia termasuk ke dalam paradigma al-nushush qad intahat wa al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran dan Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum, yang baru, muncul, mesti, diberikan, kepastian, hukumnya, melalui, ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan hukum yang diperkenalkan oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubá karena beberapa variabel perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan dari paradigma ilmu hukum dari gurunya Ibn Taimiyyah, yang menyatakan bahwa a-haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran idéia de atau alam. Paradigma ini diturunkan dari prinsip hukum Islão tentang keadilan yang dalam Al-Quran digunakan istilah al-mizan, um-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, secara khusus masala PBK dapat dimasukkan ke dalam bidang kajian fiqh al-siyasah maliyyah, yakni politik hukum kebendaan. Dengan kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islão dalam pengertian bagaimana hukum Islão diterapkan dalam masala kepemilikan atas harta benda, melalui perdagangan berjangka komoditi dalam era globalisasi dan perdagangan bebas. Realisasi yang empalidecendo Mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi dalam Ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU No. 32/1977 tentang PBK. Karena Teori perubahan hukum seperti dijelaskan di atas, dapat menunjukkan elastisitas hukum Islam dalam kelembagaan dan praktek perekonomian, maka PBK dalam sistem hukum Islam dapat dianalogikan dengan bay8217 bi8217ajil al-salam8217ajl. Bay8217 al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-salam atau al-salaf adalá bay8217 ajl bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang dimaksud dalam transaksi itu. Ulama Syafi8217iyah dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: 8220Akad atas komoditas jual beli yang diberi sifat terjamin yang ditangguhkan (berjangka) dengan harga jual yang ditetapkan di dalam bursa akad8221. Keabsahan transaksi jual beli berjangka, é o primeiro a terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut. Rukun sebagai utama unsur-unsur yang ada Harus dalam Suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur utama di dalam bay8217 al-Salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (8216aqid) yang disebut dengan istilah atau muçulmanos ilaih muçulmano. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu barang-barang komoditi berjangka e harga tukar (ra8217s al-mal al-salam al-muslim fih). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang perlu diperhatikan dari unsur-unsur tersebut, adalah bahwa ijab dan qabul dinyatakan dalam bahasa dan kalimat yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, ulama Syafi8217iyah menekankan penggunaan istilah al-Salam atau al-salaf di dalam kalimat-kalimat transaksi itu, dengan alasan bahwa 8216aqd al-Salam adalah bay8217 al-ma8217dum dengan SIFAT dan Cara berbeda dari akad jual dan beli (compra). Persyaratan menyangkut objek transaksi, adalah: bahwa objek transaksi Harus memenuhi kejelasan mengenai: jenisnya (um yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukuran (Kadar), jangka penyerahan, harga Tukar, tempat penyerahan. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh harga tukar (al-tsaman), adala, Pertama, kejelasan jenis alat tukar, yaitu dirham, dinar, rupia atau dolar dsb atau barang-barang yang dapat ditimbang, disukat, dsb. Kedua, kejelasan jenis alat tukar apakah rupia, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah, timbangan, yang, disepakati, dalam, bentuk, quilograma, lagoa, dst. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat di atas ditetapkan, dengan maksud, menghilangkan, jahalah, fi-8217aqd, atau, alasan, ketidaktahuan, kondisi-kondisi, barang, pada, saat, transaksi. Sebab hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan de antara pelaku transaksi, yang akan merusak nilai transaksi. Kejelasan jumlah harga tukar. Os utilizadores registados podem usar esta imagem como um editor de gramagem absortí na beira do avk. Kalaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau máxima legal yang berbunyi: ma yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang tidak dapat dilaksanakan semuanya, maka tidak perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertatuu boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat jiwa norma hukum Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islão, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhan / komoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu uang yang-Masing Masing negara mempunyai ketentuan Sendiri dan berbeda satu sama Mistos sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga Timbul PERBANDINGAN Nilai MATA uang antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang suatu negara dengan negar lainnya ini berubah (berluktuasi) setiap saat sesuai volume permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan dan penawil inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual mempunyai wewenang Penuh melaksanakan dan melakukan hukum tindakan-tindakan (dewasa dan berpikiran Sehat) 2. Memenuhi syarat menjadi objek transaksi yaitu jual-beli: Suci barangnya (najis bukan) Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli saham itu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam ar, karena sesungguhnya jual beli eang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Mas8217ud) Jual beli barang yang tidak di tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifat-sifatnya atau ciri-cirinya. Kemudiano jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai, maka, pembeli, mempunyai, hak khiyar, artinya boleh, meneruskan, atau, membatalkan, jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: 8220Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya8221. Jual beli Hasil tanam yang terpendam masih, ketela seperti, kentang, Bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, Karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika Harus mengeluarkan Semua Hasil Tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islã: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkus / tertutup, seperti makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi etiqueta yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. Cit. Hal 135. Mengenai teks kaidah hukum Islão tersebut di atas, vide Al Suyuthi, Al-Asbah al-Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55.

Comments

Popular Posts